You are here:

Kerugian dan Keuntungan Bisnis Franchise

keuntungan bisnis franchise

Kerugian dan Keuntungan Bisnis Franchise – Akibat terjadi krisis global yang berkepanjangan, banyak perusahaan-perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar mengalami kemunduran produksi. Sehingga harus melakukan perampingan karyawan, di lain pihak banyak pula perusahaan yang kolaps karena tidak mampu mengatasi masalah keuangan di dalam perusahaan mereka. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan bisnis franchise semakin berkembang di Indonesia.

Bisnis franchise ini seperti angin segar dalam dunia bisnis Indonesia. Karena pengaplikasian bisnis franchise ini sangat mudah dan memiliki berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia. Bisnis franchise itu ada yang memerlukan modal yang besar, namun banyak pula yang hanya memerlukan modal kecil untuk memiliki bisnis franchise ini.

Selain itu, dengan berkembangnya bisnis franchise dapat membantu para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) untuk mulai memiliki usaha sendiri dan dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sejarah Bisnis Franchise

Timbulnya istilah franchise dimulai oleh perusahaan mesin jahit Singer. kurang lebih satu abad yang lalu, saat itu untuk pertama kalinya di Amerika, perusahaan Singer ini memperkenalkan konsep bisnis franchise untuk mengembangkan distribusi produknya ke berbagai wilayah.

Kemudian tidak berapa lama, perusahaan-perusahaan penghasil bir pun ikut memberikan lisensi atau suatu kontrak kerja sama pada perusahaan-perusahaan bir yang lebih kecil dalam usaha. hal itu untuk memperlancar pendistribusian produk perusahaan bir besar tersebut. Dengan berkembangnya bisnis franchise ini di Amerika, penyerapan tenaga kerja pun meningkat sehingga angka pengangguran di negara itu semakin kecil karena terbukanya peluang pekerjaan di bisnis franchise ini.

Bahkan, ketika konsep bisnis franchise ini diterima oleh banyak pihak di Amerika, banyak perusahaan-perusahaan yang mengaplikasikan bisnis sistem franchise ini. Bidang usaha yang banyak menggunakan bisnis franchise ini misalnya hotel, dealer mobil, pompa bensin, berbagai produk makanan, restoran, bahkan salon. Dan masih banyak lagi bidang usaha lain yang bisa dijalankan dengan konsep bisnis franchise

Pengertian Bisnis Franchise

Bisnis Franchise adalah suatu perjanjian kerja sama yang disetujui oleh dua pihak atau lebih untuk bekerja sama. Hal ini dalam metode pendistribusian barang dan jasa kepada konsumen. Sebutan bagi pemilik usaha franchise yang pertama kali yaitu franchisor.
Franchisor adalah orang yang memberikan lisensi atau konsep usaha kepada orang-orang yang ingin memiliki bisnis franchise sendiri dalam jangka waktu tertentu dan di dalam wilayah tertentu untuk mendistribusikan barang dan jasa atas nama dan identitas dari franchisor

Bisnis franchise yang disetujui oleh para peminatnya itu akan dijalankan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh franchisor Sebagai imbalan untuk para franchisee (sebutan untuk para peminat bisnis franchise ) akan mendapatkan sejumlah uang berupa initial fee atau royalti atau keuntungan setelah dipotong hak franchisor

Bisnis franchise ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bisnis franchise yang berdasarkan bisnis franchise pemasaran produk dan bisnis franchise berupa konsep.

Pada usaha franchise pemasaran produk,sang franchisor akan memberi lisensi kepada franchisee -nya guna mempromosikan produk milik franchisor. Contohnya saja yaitu usaha franchise dealer mobil. Pada bisnis ini franchisor yang memproduksi mobilnya lalu para franchisee yang akan membantu menjualkan produk mobil tersebut.

Bentuk yang kedua yaitu bisnis franchise berupa konsep. Konsep ini mengatur bahwa franchisor memberikan semua konsep bisnis yang dimilikinya. Yang meliputi pedoman dan standar pengoperasian bisnis franchise , strategi pemasaran yang harus dilakukan bisnis franchise dan berbagai bantuan dalam menjalankan bisnis franchise tersebut berupa konsultasi.
Bentuk yang ini banyak dipakai di usaha franchise restoran cepat saji.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise

Berikut ini akan diulas apa saja keuntungan bisnis franchise yang bisa didapatkan dengan menjalankan bisnis franchise

1. Keuntungan Bisnis Franchise – Bisnis Terkontrol

Keuntungan yang pertama yaitu adanya pengontrolan bisnis franchise yang dilakukan oleh sistem yang sebelumnya sudah berjalan dengan baik.

Bisnis franchise menawarkan konsep bisnis yang sudah terbukti bisa berjalan dengan baik dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat. sehingga franchisee tidak perlu lagi melakukan promosi besar-besaran untuk memperkenalkan bisnis franchise -nya.
Nama besar franchisor akan membantu para franchisee atau pemilik bisnis franchise untuk menjalankan dan memperkenalkan bisnis franchise -nya di dalam masyarakat.

Para pemilik bisnis franchise tersebut juga bisa berkonsultasi dengan franchisor -nya ketika ada suatu masalah yang terjadi di dalam bisnis franchise -nya. Biasanya fasilitas konsultasi ini sudah termasuk dalam satu paket pembelian bisnis franchise pertama kalinya.
Pengembangan bisnis franchise biasanya sudah dipikirkan oleh para penyedia bisnis franchise ini atau yang disebut franchisor tadi. Bahkan mereka melakukan perluasan dan pengembangan usaha bisnis franchise -nya ini baik miliknya sendiri maupun milik franchisee -nya.

Dengan memiliki bisnis franchise maka kita akan memiliki kebebasan waktu dan kebebasan financial. Karena bisnis franchise kita sudah dikelola secara profesional oleh para tenaga ahli yang disediakan oleh franchisor. Selain itu, pengembangan usaha bisnis franchise ini juga sudah dilakukan oleh franchisor. Sehingga kita tinggal mengeruk keuntungan dari bisnis franchise ini berupa royalti atau initial fee.

2. keuntungan Bisnis Franchise – Modal Terjangkau

Bisnis franchise tidak harus menggunakan modal besar. Saat ini sudah banyak bisnis franchise yang bermodal kecil untuk mendapatkannya. Contohnya saja yaitu bermacam produk minuman yang dapat dimiliki bisnis franchisenya dengan cuman bermodal di bawah lima juta.

Kerugian Menjalankan Bisnis Franchise

Selain keuntungan ada pula kerugian yang harus diperhitungkan jika kita ingin memiliki bisnis franchise sendiri. Kerugiaan-kerugiaan tersebut adalah:

1. Kerugian menjalankan Bisnis Franchise – Risiko Ditanggung Sendiri

Sebagian penyedia bisnis franchise dalam praktiknya tidak terlalu banyak membantu dalam mengembangkan bisnis. Mereka hanya memberikan berbagai konsep dan mentransfer pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis franchise itu. Tetapi mereka tidak akan mau bertanggung jawab apakah dengan konsep yang mereka berikan tersebut akan membawa kesuksesan bagi bisnis franchise lainnya.

2. Kerugian Menjalankan Bisnis Franchise – Jika Gagal Modal Tidak Dapat Dikembalikan

Kerugian dapat terjadi karena kita salah dalam memilih usaha franchise. Karena untuk memiliki usaha franchise tersebut, kita perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk yang cukup besar. Ketika kita menyadari bahwa kita sudah salah memilih bisnis franchise yang ternyata tidak jalan dan tidak berkembang maka uang yang sudah kita setorkan tersebut tidak akan dapat dikembalikan lagi.

3. Kerugian Menjalankan Bisnis Franchise – Keuntungan Hanya Setengah

Dengan melakukan bisnis franchise kita hanya akan mendapatkan setengah dari keuntungan. Karena banyak penyedia bisnis franchise ini menerapkan sistem bagi hasil. Sementara itu, jika mendirikan bisnis sendiri di luar bisnis franchise maka keuntungan akan menjadi milik kita seluruhnya.

4. Kerugian Menjalankan Bisnis Franchise – Jika Franchisor Bangkrut, Usaha Ikut Bangkrut

Jika bisnis franchise utama yang dimiliki oleh penyedia bisnis franchise mengalami masalah maka akan sangat memengaruhi bisnis-bisnis franchise yang sedang dijalankan oleh franchisee -nya.

Oleh karena itulah, ketika kita memutuskan untuk memiliki sebuah bisnis franchise , kita harus benar-benar mempelajari apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan dengan membeli bisnis franchise mereka. Selain itu, kita juga harus mencari berbagai informasi tentang bisnis franchise itu. Bagaimana perkembangan bisnisnya sejak berdiri hingga saat kita akan membeli bisnis franchise itu.

Memang bisnis franchise yang semakin berkembang di Indonesia ini menawarkan cara lain bagi masyarakat Indonesia dalam berbisnis. Kita harus benar-benar memilih bisnis franchise yang bisa bertahan dalam jangka panjang dengan pengalaman yang lebih lama. Hal itu agar ketika kita menjalankan bisnis franchise itu, kita juga dapat berkembang seiring dengan perkembangan usaha mereka.