You are here:

Tips Berbisnis yang Menguntungkan, Pastikan Pilihan Anda

tips berbisnis

Tips Berbisnis yang Menguntungkan – Bisnis menguntungkan yaitu bisnis yang berkah bagi di dunia maupun akhirat. Bisnis yang tidak malah menghalangi untuk beribadah kepada Allah Swt. Kalau bisnis hanya memberikan keuntungan uang atau harta yang banyak, namun, malah menjadi penghalang untuk bersilaturrahmi kepada orangtua dan keluarga serta beribadah yang lainnya, maka bisnis ini bukan memberikan berkah, melainkan musibah. Keberkahan itu akan menbuat pebisnisnya melangkah lebih tenang dan amalnya semakin banyak. Ia pasti untung di dunia dan di akhirat.

Informasi

Sebelum menentukan mau berbisnis apa yang kira-kira cocok, disenangi, dan memberikan keuntungan berlipat. Salah satu yang dianggap menguntungkan adalah bisnis online. Begitu banyaknya informasi tentang bisnis online, akhirnya banyak dari kita yang turut serta menggeluti usaha ini. Tidak salah. Hanya saja, ternyata ada dari kita yang tak kunjung mendapatkan keuntungan dari bisnis online.

Menjadi pebisnis itu sebenarnya adalah belajar bangkit dari satu kegagalan ke kegagalan lainnya. Tidak sedikit orang yang akhirnya tidak mau lagi berbisnis karena ia merugi dan tidak sanggup menderita menanggung perasaan tidak jelas dan melemahkan ketika bisnisnya bangkrut. Memang tidak semua penawaran bisnis online itu sungguh-sungguh menjanjikan keuntungan.

Karena sebagiannya justru melakukan tindak penipuan. Alih-alih kita mendapatkan keuntungan, justru kerugian yang kita dapatkan saat bergabung dengan bisnis online tersebut. Maka, yang perlu Anda lakukan sebenarnya adalah meneliti dengan sebaik-baiknya apakah bisnis online yang Anda akan jalani itu benar-benar menguntungkan. Anda harus pastikan bahwa yang akan atau sedang Anda jalani itu adalah bisnis yang benar-benar menguntungkan.

Carilah informasi yang akurat

Jangan langsung memilih suatu bidang bisnis tanpa pengetahuan apa-apun tentang bisnis itu. Semua aktivitas yang diniatkan untuk ibadah itu harus dikaji dan dipelajari dahulu caranya. Kalau tidak ada ilmunya bagaimana bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Beribadah pun ternyata Allah Swt lebih menyenangi ahli ilmu yang beribadah daripada ahli ibadah yang tak berilmu. Orang yang ingin meraih dunia, harus mempunyai ilmu. Begitu pula yang ingin mencapai akhirat, pastinya juga dengan ilmu.

Mencari Ilmu Bisnis

Mendapatkan ilmu bisnis ini bisa dari berdiskusi dengan orang-orang yang berkompeten di bidangnya atau pun malah menjadi karyawan dan magang beberapa lama di perusahaan yang akan dipelajari. Belajar juga tentang akuntasi dan perpajakan. Menjadi pengusaha yang taat hukum akan lebih baik daripada sudah sukses, sudah dikenal orang, malah berurusan dengan hukum akibat dari masalah sepele. Hal ini bisa saja menghilangkan kesempatan memperluas pemasaran karena orang lain tidak mau bekerja sama.

Misalnya, karena sedikitnya informasi yang didapatkan, sebuah pabrik pupuk yang berada di Jawa Timur, harus berhadapan dengan pihak penyidik dari Kepolisian. Pupuk mereka dianggap terbuat dari pupuk bersubsidi. Padahal mereka mendapatkan pupuk itu dari pihak lain. Ternyata perusahaan tempatnya mengambil pupuk, membeli pupuk dari perusahaan milik negara. Modusnya adalah dengan memasukan pupuk bersubsidi itu ke karung lain.

Akibatnya adalah pupuknya dikembalikan oleh kebun kelapa sawit milik swasta. Mereka tidak mau terlibat masalah hukum. Kalau tidak tahu tentang hukum ini, perusahaan cukup besar pun akhirnya harus berhenti beroperasi. Lihatlah apa yang terjadi dengan Batavia dan perusahan besar lain yang dipailitkan, Padahal mereka masih mempunya uang yang cukup banyak untuk beroperasi. Hanya karena mereka tersangkut masalah utang-piutang, akhirnya mereka tidak bisa melakukan bisnis lagi.

Wajib diketahui bahwasannya bisnis di bidang penerbangan ini masih dipandang sebagai bisnis yang menjanjikan. Tanpa tahu tentang banyak hal termasuk juga tentang gangguan dari para preman, sebuah perusahaan memang bisa saja bangrut sebelum beroperasi. Memilih rekan kerja juga haruas hati-hati. Jangan samapi telah melakukan banyak hal, tetapi ketika keuntungan datang, malah diambil oleh partner kerja semuanya. Mau diperkarakan, hanya akan membuang energi, waktu, dan uang.

Tips Berbisnis yang Menguntungkan

Salah satu bisnis yang katanya cukup memberikan keuntungan karena tidak perlu keluar rumah, tidak perlu ini, tidak perlu itu, adalah bisnis online. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menerjuni dunia bisnis online. Setidaknya ini bisa menjadi antisipasi agar Anda tidak masuk ke dunia bisnis online yang tidak menguntungkan. Oleh karenanya, pastikan Anda menjalani bisnis yang menguntungkan dengan tips berbisnis menguntungkan sebagai berikut:

* Ketahuilah sumber informasi bisnis tersebut. Hal ini penting agar Anda bisa mengidentifikasi sumber informasi tersebut, apakah sumber itu benar atau hanya tipuan.

* Carilah informasi tentang siapa yang mengelola bisnis online tersebut. Anda bisa mencari informasi tentang siapa pihak yang mengelola tersebut, pengalamannya dalam menjalani bisnis online, dan siapa saja yang telah membuktikan kesuksesan dalam menjalani bisnis online bersama pengelola tersebut dengan membaca aneka ragam testimoni tentang pihak yang mengelola bisnis online itu.

* Ketahuilah apa saja penawaran dari informasi bisnis online tersebut, dan pastikan Anda mampu mengerjakan tawaran itu. Hal ini penting, karena jika Anda tidak mengetahui bentuk penawarannya, maka Anda akan kesulitan dalam menjalani bisnis online tersebut. Selain itu, jika Anda mengetahui bentuk penawarannya tetapi Anda tidak dapat memastikan kesanggupan Anda untuk mengerjakan penawaran tersebut, maka dapat dipastikan pula mimpi Anda terhadap keuntungan yang dijanjikan itu tak akan terwujud.

Dengan tiga tips berbisnis tersebut, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan Anda selanjutnya dalam menggeluti bisnis online akan menuai hasil yang memuaskan. Sekali lagi, yang perlu Anda pastikan adalah tentang kebenaran sumber informasi, tentang pengelola bisnis online, dan kemampuan Anda untuk mengerjakan tawaran dalam menjalani bisnis online tersebut.

Belajar dan Belajar

Terkadang ada rasa ingin mundur ketika hanya kegagalan yang dirasakan. Satu hal yang bisa membangkitkan motivasi untuk terus maju adalah membacakisah pebisnis besar yang juga pernah mengalami beberapa kali kebangkrutan. Kisah mereka yang menyedihkan itu tentu saja akan memberikan obor kekuatan untuk terus maju. Misalnya, Aa Gym. Sebelum terkenal, ia adalah seseorang yang melakukan apa saja demi menghidupi keluarganya.

Lalu ia sukses dan mempunyai hampir segala hal yang dibutuhkan oleh manusia di dunia ini. Hartanya ditaksir mencapai triliunan rupiah. Ketika ia ketahuan beristri lagi, maka masyarakat pun menjadi membencinya. Usahanya tutup dan orang tidak mau lagi mendengarkan ceramahnya. Pihak stasiun televisi yang sering mengundangnya pun, menghentikan acaranya. Ia pun kehilangan banyak hal. Begitu juga dengan masyarakat yang menjalankan bisnis di sekitar pesantren yang dikelola oleh kyai yang kini telah menikahi istri pertamanya ini.

Dengan santai Aa Gym menanggapi apa yang dialaminya dengan mengatakan bahwa pemberi rezeki itu adalah Allah Swt. Semoga yang dahulu berpikir bahwa Aa Gym lah yang membuat usaha mereka maju, kini tidak lagi mengatakan hal yang sama. Dari kisah ini, orang akan berpikir bahwa semua itu memang ada yang mengatur, tetapi kalau terus berusaha, Allah Swt pasti akan memberikan jalan keluar. Allah tidak akan mengubah nasib seseorang jika bukan orang tersebut yang berusaha melakukan yang terbaik.

Tidak hanya Aa Gym yang harus bangkit dari kegagalan demi kegagalan. Masih banyak pengusaha lain yang mengalaminya. Bisnis yang menguntungkan itu bisa dalam bentuk apapun. Misalnya, kursus bahasa Inggris, bisnis makanan dan minuman, restoran, perhotelan, penyedia barang untuk pabrik kelapa sawit, dan sebagainya.

Satu hal yang terpenting adalah bahwa niatkan membuka bisnis itu untuk beribadah. Jangan lupa menyisihkan 2,5% dari keuntungan untuk membayar zakat maal. Ajarkan karyawan dan diri sendiri untuk terus bersyukur.

Nah. itu dia artikel mengenai tips berbisnis menguntungkan. Semoga bermanfaat!